Connect with us

Lingga

Tradisi Mandi Safar, Wisata Relegi LeluhurLingga yang Tetap Hidup

Diterbitkan

Pada

Saat Sekda Kabupaten Lingga Drs Juramadi Esram MM sedang melakukan mandi safar.

GDN Online,  Tanjungpinang – Tradisi mandi safar merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang sampai saat ini masih hidup dan terus berkembang di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berjuluk Negeri Bunda Tanah Melayu. Tradisi ini terus dilestarikan untuk menggalakkan wisata religi andalan daerah.

Sebagaimana bisanya kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu terakhir bulan Safar. Tujuan gawai ini adalah untuk memanjatkan do’a dan mohon pertolongan Allah Swt agar masyarakat dan alam dijauhkan dari musibah mara bahaya .

Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Lingga Provinsi Kepri Drs Juramadi Esram MM melalui telepon genggamnya kepada Wartawan (7/11/2018). “Hakekat kegiatan ini boleh diartikan sebagai tolak bala agar terhindar dari hal-hal negatif dan merusak sukma dan alam semesta,” unkap Mantan Kadisperindag Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri itu.

Dijelaskan Juramadi, kegiatan yang baik seperti ini banyak mengandung nilai ketuhanan, nilai moral etika, nilai estetika, nilai sosial, budaya serta nilai wisata.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Lingga akan meningkatkan skala ini ke tingkat even lebih besar dan massif agar dapat meningkatkan kunjungan wisata dari dunia manca negara maupun wisata lokal.

Ditempat terpisah Safrudin (50) warga Kabupaten Lingga mendukung kegaiatan pemerintah tersebut.  Pihaknya berharap agar kegiatan ini lebih disemarakkan agar kunjungan wisata semakin meningkat.

“Saya mendukung kegiatan tradisional ini,  selain untuk meningkatkan pariwisata, kegiatan ini juga sebagai petunjuk memohon kepada yang kuasa, dan sekaligus doa untuk tolak bala” ujar Warga Dabosingkep itu. (Jhon)

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas