Connect with us

Bisnis & Ekonomi digital

6 Mata Uang Digital Ini Bisa Jadi Alternatif Investasi Selain Bitcoin

Diterbitkan

Pada

Sejak kemunculannya, cryptocurrency  Mata Uang Digital  kian digemari sebagai salah satu instrumen investasi.

Bitcoin memang masih menjadi mata uang kripto dengan nilai paling fantastis. Namun, selain itu masih ada beragam alternatif lain yang bisa kamu manfaatkan untuk berinvestasi.

Ethereum (ETH) mata uang digital

Dilansir dari Swara Tunaiku, ini dia lima mata uanag digital dengan kapitalisasi pasar tertinggi selain Bitcoin yang bisa jadi pilihan. (Seluruh data harga dan kapitalisasi pasar diambil dari CoinMarketCap pada tanggal 11-12 Juni 2018)

  1. Ethereum (ETH)

mata uang digital Ripple (RXP)

Ethereum merupakan mata uang digital yang paling populer setelah Bitcoin. Muncul pertama kali pada 2015 lalu, nilai tukarnya selama 18 bulan pertama cuma sekitar USD 10. Namun, nilai ETH pada awal 2018 berhasil melonjak hingga menyentuh angka USD 1.389 atau sekitar Rp 19,4 juta. Saat ini, ETH berada di harga sekitar USD 531 dengan kapitalisasi pasar mencapai USD 53 miliar.

  1. Ripple (RXP)

Awalnya, mata uang digital yang satu ini digunakan secara tertutup untuk transaksi internal di Ripple Network. Namun, Ripple akhirnya go public pada tahun 2013 untuk digunakan sebagai alat tukar dan pembayaran secara luas.

Pada saat artikel ini ditulis, kapitalisasi pasar RXP menyentuh angka USD 59 miliar atau sekitar Rp 823,8 triliun. Membeli mata uang kripto ini tidak segampang Bitcoin dan yang lainnya, karena Ripple tidak tersedia di bursa perdagangan Coinbase. Harga Ripple saat ini berada di angka USD 0,5, masih murah kalau mau beli.

  1. Litecoin (LTC)

    mata uang digital Litecoin (LTC)

Litecoin dikembangkan oleh Charles Lee, bekas karyawan Google, dan mulai melantai di bursa cryptocurrency sejak 2011. Dibandingkan Bitcoin, Litecoin punya waktu transfer yang lebih cepat dan menjadi mata uang digital pertama yang menggunakan sistem keamanan scrypt.

Awal tahun 2018, kapitalisasi pasar Litecoin berhasil menyentuh USD 14 miliar (Rp 182 triliun), sedangkan di bulan Mei berada di angka USD 6 miliar. Sementara, 1 LTC saat ini bernilai sekitar USD 107.

 

  1. IOTA (MIOTA)

    mata uang digital IOTA (MIOTA)

Selain harganya masih murah, IOTA juga memiliki tren yang cenderung positif. Oleh karena itu, mata uang digital ini direkomendasikan sebagai alternatif jika kamu hendak investasi cryptocurrency. Saat ini, harga 1 MIOTA cuma sekitar USD 1,41 dengan kapitalisasi pasar mencapai USD 3,9 miliar (setara Rp 54,4 triliun).

  1. DASH

Diciptakan dengan basis software Bitcoin, DASH merupakan pengembangan dari Bitcoin itu sendiri. Namun, cryptocurrency ini diklaim lebih baik dari segi kecepatan transaksi dan anonimitas.

Oleh Evan Duffield, penciptanya, DASH diharapkan bakal menjadi mata uang paling user-friendly dan on-chain-scalable dibandingkan cryptocurrency lainnya. Saat ini, harga 1 DASH berada di angka USD 271 dengan nilai kapitalisasi pasar hingga USD 2,2 miliar (setara Rp 30 triliun).

Di Indonesia sendiri, mata uang kripto belum diakui sebagai alat tukar yang sah. Namun, kamu tetap dapat memanfaatkannya sebagai instrumen investasi.

6. Cyronium

 Cyronium adalah mata uanag digital asli NKRI, yang sejak 27 Juli 2018, pukul 23.57 terlisting di Santara.co.id

Cyronium

PT Santara Daya Inspiratama merilis cyronium sebagai salah satu pilihan investasi berbasis cryptocurrency.

CEO PT Santara Daya Inspiratama Mardigu Wowiek Prasantyo mengatakan perkembangan mata uang digital atau cryptocurrency yang cukup pesat sejak 2015. Sayangnya, banyak masyarakat yang masih ragu dalam berinvestasi.

“Masyarakat kita masih banyak yang ragu untuk berinvestasi di cryptocurrency. Alasan paling banyak adalah karena dikira ini manipulasi uang dan tidak ada jaminan,” ungkapnya

Mardigu dan timnya memadukan teknologi blockchain dan precious metal (logam mulia), agar masyakarat bisa memiliki jaminan fisik ketika berinvestasi di cryptocurrency.

carakerja jaminan emas Cyronium

Dia mengemukakan cyronium merupakan mata uang digital yang memiliki aset jaminan berupa koin dalam bentuk fisik.

Dari jaminan koin fisik ini diproyeksikan cyronium menjadi aset investasi yang lebih stabil, terjamin dan melindungi modal yang ditanamkan oleh investor. Hal tersebut akan mencegah harga Cyronium untuk tidak akan turun drastis seperti cryptocurrency lainnya,” sebut pendiri Rumah Yatim Indonesia ini.

Adapun teknologi blockchain yang diterapkan pada cyronium diklaim Mardigu mendukung adanya transparansi dalam investasi.

Sementara, sistem terdesentralisasi digunakan untuk penyebaran dan jual beli cyronium. Ini yang juga kemudian membuat cyronium transparan dan bisa diawasi semua investor serta jauh dari unsur manipulasi harga.

Cyronium mata uang digital karya anak bangsa Indonesia

“Konsep pembuatannya kami buat pada 2016. Saat ini tersedia 10.000 koin cyronium yang dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 25.000 per 0,001 cyronium. Estimasinya, setelah presale dan ICO [initial coin offering akan tersebar di tangan lebih dari 100.000 investor di Indonesia maupun mancanegara. Sehingga harga cyronium dipastikan terus melonjak,” ujar Mardigu.

Dia yakin dengan harga tersebut, cyronium terjangkau oleh berbagai golongan. Mulai dari pelajar, pegawai swasta, pengusaha kecil, ibu rumah tangga, hingga investor berskala besar.

Setelah presale dan ICO, lanjut Mardigu, cyronium akan menjadi sebuah instrumen trading yang terbuka 24 jam dalam 7 hari. Bermitra dengan Santara Marketplace, pergerakan harga cyronium bisa dipantau langsung.

Menurut dia, dengan trading platform yang canggih, pembelian, penjualan, dan pencairan cyronium menjadi semudah melakukan satu klik dari komputer atau telepon genggam.

“Saya sarankan teman-teman untuk mengenal lebih jauh dunia ini. Dunia sejenis cryptocurrencyini adalah bisnis masa depan. Dunia other incomeanak milenial,” tutur Mardigu. (red)

 

 

sumber :

bisnis.com

liputan6.com

dan

berbagai sumber

 

Continue Reading
Advertisement
Klik Untuk Komentar

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas