Connect with us

Hankam NKRI

Panglima TNI Resmikan Fasmil Satuan Pertahanan Terintegrasi (SPT-TNI) di Natuna

Diterbitkan

Pada

Panglima TNI Resmikan Faslabuh TNI Al Selat Lampa di Natuna

GDN Online, Natuna-  Setelah dibangun sejak 2 Tahun lalu di masa Panglima TNI Gatot Nurmantyo, kini pembangunan tahap pertama fasilitas militer (Fasmil) di Natuna telah rampung. Fasmil di Natuna  ini untuk memperkuat penjagaan kedaulatan wilayah Indonesia sebagai bagian strategi Geopolitik NKRI.

Panglima TNI Tiba di Natuna foto : Puspen TNI

Hari ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan fasilitas militer Satuan Pertahanan Terintegrasi (SPT-TNI) di Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (18/12).

“Peresmian Satuan Pertahanan Terintegrasi TNI di Natuna ini merupakan langkah finalisasi, salah satu program perencanaan strategis (renstra) jangka menengah untuk membangun kekuatan TNI yang diharapkan mampu memberikan daya tangkal (detterence effect) terhadap ancaman khususnya di perbatasan.” Jelas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Panglima lebih jau menjelaskan bahwa peresmian Satuan TNI Terintegrasi Natuna ini, juga merupakan perwujudan kontinuitas gagasan, di mana perencanaannya melibatkan para perwira-perwira TNI lintas generasi, dari Mabes TNI maupun Mabes Angkatan.

Panglima TNi sampaikan amanah

“Pembangunan Satuan TNI Terintegrasi akan terus dilanjutkan di pulau-pulau strategis lainnya sesuai tahapan pembangunan di renstra berikutnya,” tutur Hadi dalam sambutan peresmian Satuan Terintegrasi Natuna di Pelabuhan Faslabuh TNI AL, Selat Lampa, Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang juga hadiri KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna.

Satuan TNI Terintegrasi ini direncanakan akan menjadi bagian dari Komando Gabungan Wilayah Pertahanan yang akan segera dibentuk.

“Satuan TNI Terintegrasi saat ini masih berupa embrio yang terdiri atas satuan-satuan TNI AD yakni Batalyon Komposit yang diperkuat oleh Kompi Zeni Tempur, Baterai Rudal Artileri Pertahan Udara dan Baterai Artileri Medan.”  Tambah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain Satuan TNI AD Panglima juga menjelaskan bahwa Fasilitas militer Satuan Pertahanan Terintegrasi (SPT-TNI) di Natuna, Kepulauan Riau juga meliputi Satuan TNI AL yang diperkuat Pangkalan TNI AL di Ranai , Kompi Komposit Marinir di Setengar dan fasilitas pelabuhan (Faslabuh) di Selat Lampa untuk mendukung operasional kapal perang TNI AL yang beroperasi di sekitar perairan Natuna.

Sedangkan Satuan TNI AU meliputi pangkalan udara TNI AU  (Lanud Ranai/Raden Sajad-red) yang dilengkapi berbagai fasilitas, seperti Hanggar Integratif dan Hanggar Skuadron Unmanned Aerial Vehicle (UAV) untuk mendukung operasional pesawat udara TNI.

“Selain itu juga dilengkapi dengan mess dan Rumah Sakit Integratif, untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh prajurit TNI di Natuna, ” kata Hadi.

Hadi mengatakan Satuan TNI Terintegrasi Natuna masih akan terus berkembang, sesuai peningkatan eskalasi ancaman. Menurut dia, perencanaan ke depan dimungkinkan untuk menyempurnakan Satuan TNI Terintegrasi menjadi organisasi permanen dan terintegrasi dalam satu komando dan dilengkapi dengan sistem kendali operasi berbasis kemampuan network centric warfare.

Pada kesempatan tersebut, Hadi pun melayangkan instruksi kepada para pejabat TNI : Pertama, para Kepala Staf Angkatan agar terus melanjutkan pembinaan satuan, personel, dan material Satuan TNI Integratif Natuna sehingga setiap saat siap dikerahkan untuk melaksanakan operasi militer.

Kedua, kepada para pejabat staf umum Mabes TNI agar terus mengevaluasi dinamika perkembangan ancaman, konsep operasi yang relevan, mekanisme dukungan logistik terpadu dan kemampuan sistem kendali operasi serta evaluasi organisatoris untuk melihat perlunya validasi Satuan TNI Terintegrasi di masa mendatang.

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas