Connect with us

Nasional

Presiden Minta Pelaku Pembakaran Mapolsek Ciracas Ditindak Tegas

Diterbitkan

Pada

GDN Online, Jakarta — Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengetahui peristiwa perusakan dan pembakaran Polsek Ciracas, Jakarta Timur oleh massa, Selasa (11/12) malam. Menurut Pramono, Presiden meminta Polri menindak tegas para pelaku pembakaran Markas Polsek Ciracas tersebut.

“Bagi siapa pun yang melakukan tindak kekerasan, anarkis dan sebagainya, Polri harus mengambil tindakan tegas dan apalagi ini dilakukan di ibu kota negara,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/12).

Menurut Presiden, sambung Pramono, stabilitas politik dan keamanan harus dirawat menjelang Pemilu 2019. Jangan sampai wajah demokrasi dicederai tindakan-tindakan anarkis.

“Seperti yang dikatakan Presiden tadi, bagaimana pun, wajah keamanan dan kenyamanan kita menjadi penting dalam pelaksanaan demokrasi. Agar demokrasi berjalan baik, rasa aman masyarakat itu sangat diperlukan,” pungkasnya.

Mapolsek Ciracas dirusak dan dibakar massa yang diduga anggota TNI yang tidak puas dengan hasil penyelidikan kepolisian atas pengeroyokan rekan mereka yang dikeroyok tukang parkir, Senin (10/12).

Terpisah, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukamto menduga pelaku penyerangan ialah anggota TNI. Penganiayaan itu diduga memicu rekan sesama TNI untuk mencari pelakunya. “Jadi pemicunya ada tentara dikeroyok sama warga, ya,” ujar Ari di Istana Kepresidenan.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa kepolisian tengah menyelidiki kasus tersebut hingga terang benderang. “Itu yang masih diselidiki. Kok jadi ke kantor polisi. Biasanya sih enggak,” imbuhnya.

Ia menegaskan apabila pelaku pengerusakan ialah tentara, kepolisian tidak dapat mengusutnya di jalur pidana umum. “Kalau anggota TNI melakukan sebuah tindakan pidana, pelanggaran, itu yang menangani polisi militer. Kalau TNI, ya pakai UU Militer. Kalau masyarakat, baru pakai pidana umum,” pungkasnya. (mi)

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas