Connect with us

Advertorial

Sekdakab Natuna Bangga, Dengan Pak Malaw Warga Natuna Mudah Urus Akta Kematian

Diterbitkan

Pada

Sekdakab Natuna luncurkan program PAK MALAW

GDN Online, Natuna- Sekdakab Natuna Wan Siswandi mewakili Bupati Natuna drs H.A Hamid Rizal   secara resmi melouncing program “PAK MALAW” Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Natuna, Laouncing ini ditandai dengan pelepasan balon bertuliskan “PAK MALAW”  ke Udara oleh sekdakab Natuna di sela acara upacara peringatan 17 hari bulan Februari 2019, Senin (18/02).

“Program PAK MALAW  adalah Program Pembuatan Akta Kematian Melalui Layanan WhatsApp (Pak Malaw), ini patut di apresiasi  karena program yang diluncurkan oleh Disdukcapil Natuna dapat memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, terutama dalam mengurus akta kematian.” Jelas Wan Siswandi.

Loauncing program pak malaw

Wan Siswandi menerangkan bahwa Kepala Dinas Dukcapil Ilham Kauli beserta jajarannya telah berhasil membuat program Pak Malaw. Pak Malaw ini bukan nama orang atau nama semut, tapi ini nama program yang dibuat oleh Disdukcapil, untuk melayani masyarakat.

Usai melepaskan balon ke udara sebagai tanda diresmikannya program Pak Malaw, Wan Siswandi juga  berkesempatan memberikan secara simbolis akta kematian kepada masyarakat Natuna.

Kepada Gardanusantara Kadisdukcapil Natuna, Ilham Kauli menjelaskan bahwa program Pak Malaw ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus akta kematian bagi keluarganya. Pasalnya kata dia, tingkat kesadaran masyarakat Natuna untuk mengurus akta kematian bagi keluarganya yang telah meninggal, sangat rendah.

“ Hinga saat ini kesadaran masyarakat Natuna untuk mengurus akta kematian bagi keluarganya yang telah meninggal sangat rendah. Banyak kendalanya salah satunya kondisi geografis Natuna yang terdiri dari puluhan pulau,  untuk itu Disdukcapil Natuna mensiasati dengan Pak MALAW,  masyarakat Natuna tinggal mengirim persyaratannya lewat WA saja, nanti kita terbitkan akta kematiannya. Jadi masyarakat tidak repot, tidak perlu pergi ke Kantor Dispenduk,”  terang Ilham Kauli.

Kemudahan bagi masyarakat Natuna juga membantu pendataan kependudukan, banyak masyarakat Natuna yang belum paham bahwa akta kematian memiliki banyak kegunaan.

Wan Siswandi secara simbolis serahkan Akta Kematian foto : disdukcapil

” Akta kematian ini penting bagi masyarakat, khususnya keluarga ahli waris, selain itu  data ini juga untuk memuktahirkan data penduduk, mengurus surat cerai mati, membantu KPU dalam menetapkan jumlah pemilih dalam Pemilu dan mengurus pembagian harta warisan.” Tambah Ilham Kauli.

Lebih jauh Ilham menerangkan tujuan Pak Malaw untuk mempercepat pelayanan akta kematian, percepatan pemenuhan target cakupan akta kematian dan meningkatkan kualitas pelayanan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan inovasi pelayanan.

Program Pak Malaw ini sudah disetujui Bupati Natuna, melalui surat keputusan nomor 301 tahun 2018, tentang program inovasi pelayanan Dispendukcapil Natuna, tentang Pembuatan Akta Kematian Melalui Layanan WhatsApp/Pak Malaw di Perintah Kabupaten Natuna.

“Ini juga sudah sesuai Permendagri RI nomor 19 tahun 2018 tentang peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan, Untuk informasi layanan dan penanganan aduan, saran dan keritik, yaitu Pohon Pengaduan, Call Centre (SMS, WA dan Telepon) dapat menghubungi di nomor 08117010908, Email disdukcapil.natuna@gmail.com, Facebook Disdukcapil Kab. Natuna atau Instagram @Disdukcapil Kab. Natuna.” Jelas Ilham.

Syarat permohonan pembuatan akta kematian secara umum, yaitu surat keterangan kematian dari Dokter/Tim Medis/Rumah Sakit atau Desa/Kelurahan, Fotocopy KTP 2 orang saksi, KK dan KTP asli yang meninggal dunia dan mengisi formulir permohonan akta kematian.

Sedangkan pembuatan akta kematian khusus atau yang tidak diketahui jenazahnya, harus menyertai surat keterangan kematian dari Kepolisian, Fotocopy salinan penetapan dari Pengadilan Negeri dan isi formulir permohonan pembuatan akta kematian.  (Red)

 

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas