Connect with us

Advertorial

Koperasi Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan di Natuna

Diterbitkan

Pada

GDN Online, Natuna- Sesuai data Wikipedia hingga tahun 2017, terdapat 1.994 UKM di Kabupaten Natuna. Jumlah tersebut sebagian besar bergerak dibidang perdagangan (1.383 unit), industri rumah tangga (274 unit), dan jasa (171 unit). Hanya 27 unit yang bergerak dibidang perikanan dan 44 unit bergerak dibidang pertanian. Jumlah pedagang di Kabupaten Natuna sebanyak 707 orang dimana 66 diantaranya merupakan pedagang besar. Kabupaten Natuna memiliki 59 koperasi dengan total anggota 4.124 orang di tahun 2017.

Para pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Natuna diharapkan mampu mengelola koperasi dengan baik, terutama dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui berbagai aktivitas para anggota maupun masyarakat setempat melalui pengelolaan potensi tempatan.

“Kabupaten Natuna patut merasa bersyukur karena sudah terdapat beberapa koperasi yang dibina dan bekerjasama dengan lembaga tingkat kementerian, seperti koperasi nelayan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Saya berharap Koperasi ynag ada di Natuna mampu mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Natuna, ” Jelas Sekdakab Natuna  Wan Siswandi dihadapan peserta Pelatihan Penataan kelembagaan Koperasi bagi pengurus Koperasi, di Hotel Tren Central Ranai, Selasa (09/04).

Mengingat keberadaan koperasi di Kabupaten Natuna dirasa belum mampu berperan sebagai soko guru perekonomian daerah, Dinas Perindustrian, dan Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Natuna menggelar pelatihan penataan kelembagaan Koperasi bagi pengurus Koperasi di kabupaten Natuna.

“Sistem pengelolaan organisasi dan perekonomian, sepatutnya koperasi mampu menjadi penopang geliat ekonomi kerakyatan dengan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki setiap wilayah. Untuk mewujudkan hal tersebut, sumberdaya manusia pengelola koperasi juga harus memiliki kemampuan untuk membawa roda organisasi secara lebih terarah, baik manajerial maupun teknis administrasi. untuk itu;ah kegiatan pelatihan ini dilaksanaan.” jelas Agus Supardi selaku Kadisperindagkopukm Natuna.

Lebih jauh Agus Supardi juga menerangkan bahwa kegiatan didanai menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik yang ditujukan bagi meningkatkan kompetensi/ kemampuan sumberdaya manusia dibidang koperasi.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari ini (9 s.d 11 April) diikuti oleh 120 peserta yang merupakan pengurus koperasi se-Kabupaten Natuna, menghadirkan narasumber dari Kementerian Koperasi RI, Eka Dian Anggriawan dan Pristyanto dengan sistem pelatihan teori serta praktek lapangan. (red)

Continue Reading
Advertisement
Klik Untuk Komentar

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas