Connect with us

Advertorial

DPRD Gelar Paripurna Penyampaian Ranperda

Diterbitkan

Pada

GDN Online, Natuna- DPRD Natuna mengelar Rapat Paripurna denganagenda penyampaian Rancangan Peraturan Daerah yang diajukan Pemerintah Kabupaten Natuna dan ranperda Inisatif DPRD Natuna.

Pihak Pemkab Natuna menyampaikan Ranperda tentang Penyelenggaraan Kearsiapan, Ranperda Pengendalian Bahaya Kebakaran, Ranperda Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Ranperda Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal, Ranperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah, Ranperda Perangkat Desa, Ranperda tentang Tempat Pelelangan Ikan.

Selain itu Pemkab Natuna juga mengajukan perubahan Ranperda yaitu Ranperda Perubahan atas Perda nomor 2 tahun 2012 tentang Administrasi Kependudukan, Ranperda tentang Perubahan Perda Pembentukan Desa dan Kelurahan, Ranperda tentang Perubahan Perda Pembentukan Kecamatan Pulau Tiga dan Ranperda tentang Perubahan Status sebagian Wilayah Kelurahan menjadi Desa.

” Dua Kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Sedanau dan Kelurahan Sabang Barat. Bahwa dengan adanya perkembangan dan kemajuan Kecamatan dan Kabupaten Natuna, serta adanya aspirasi yang berkembang dalam masyarakat, pihak eksekutif memandang perlu meningkatkan penyelenggaraan Pemerintahan, guna menjamin perkembangan dan kemajuan wilayah,” Terang Wakil Bupati Natuna Ngesti YS dalam pidatinya dihadapan Paripurna DPRD Natuna.

Selain itu Pemkab Natuna juga mengajukan satu Ranperda Pencabutan atas Perda nomor 8 tahun 2010 tentang Pedoman Pembentukan dan Pengelolaan BUMDes.

“Sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan pengaturan berdasarkan prinsip otonomi daerah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat daerah, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan demikian otonomi daerah mampu untuk mengoptimalkan pemberdayaan segala potensi yang dimiliki, untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan daerah,” terangnya.

Pada akhir sambutannya Ngesti juga menyampaikan Selamat menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H dan  meminta kepada pihak DPRD agar memberikan masukan, saran serta koreksi untuk menyempurnakan Ranperda ini serta agar kedepan dapat menjadi lebih baik lagi.

sementara DPRD Natuna Mengajukan 2 Raperda insiatif terkaiat penyadang disabilitas dan ketertiban umum

Ketua Pansus Perda isisiatif DPRD Kabupaten Natuna, Harken dalam sambutannya menerangkan bahwa dalam Pasal 28 I Ayat (4) diterangkan bahwa Perlindungan, Pemajuan dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia adalah Tanggung Jawab Negara terutama Pemerintah.

“Lahirnya Ranperda inisiatif ini bukan karena muatan politis, tetapi sebagai bentuk tanggung jawab bersama sebagai anggota DPRD yang melaksanakan salah satu fungsi yaitu legislasi dalam upaya melahirkan produk hukum yang mampu mengakomodir kepentingan daerah dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat dan daerah pada umumnya. Ranperda ini dalam proses penyusunannya sudah melalui beberapa tahapan dari perencanaan, serta pembahasan bersama antara pihak OPD, Anggota Pansus, Tim Fasilitas1 serta Kanwil Hukum, Ham Provinsi Kepri dan Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kepri, sehingga tersusunlah Ranperda Inisiatif lengkap dengan naskah akademisnya.” jelas Harken.

Seusai menyampaikan ranperda wakil Bupati  Natuna penyerahkan dokumen Ranperda Kepada pihak pimpinan DPRD Natuna wakil ketua II Daeng Amhar. (red)

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas