Connect with us

Uncategorized

Ini Jadwal Penerimaan PNS Di Natuna

Diterbitkan

Pada

GDN Online, Natuna- Badan Kepegawaian Negara ( BKN) meminta instansi segera mengumunkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2019. Baik dipusat maupun didaerah.

Untuk Kabupaten Natuna dari hampir 480 yang diusulkan kepemerintah Natuna, disetujui oleh Kemenpan untuk tahun ini hanya 178 orang.

Apa saja rinciannya dan kapan Lowongan ini dibuka? Berikut keterangan Sekdakab Natuna Wan Siswandi melalui Gardanusantara. Kamis (31/10).

Sementara untuk pemerintah pusat hingga saat ini, baru 67 instansi pusat yang menyelesaikan setting formasi di portal SSCASN. “Sedangkan untuk instansi daerah masih menunggu giliran setelah formasi CPNS detil diinjeksi ke dalam portal. Untuk itu, instansi diminta untuk mempercepat proses ini agar masyarakat dapat segera melihat formasi yang tersedia di portal SSCASN,” ujar Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/10/2019) seperti di kutib dari Kompas.com.

Di samping itu, lanjut Ridwan, instansi diminta segera mengumumkan formasi CPNS melalui media yang mudah diakses masyarakat, misalnya di situs web dan/atau media sosial instansi.

Pada tahun 2019 ini Pemerintah membuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah. Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cum laude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra putri Papua dan Papua Barat, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat. Formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi). Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan apa saja syarat yang harus dipenuhi bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Syarat pertama, adalah pindaian KTP. “Jadi untuk pendaftar, hanya perlu scan KTP. KTP ini perlu, karena ini merupakan satu-satunya identitas yang valid, yang kita miliki sekarang,” ungkap Bima saat konferensi pers di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Selain itu, peserta juga perlu mengumpulkan foto. Bima mengatakan foto yang diberikan boleh dipindai. Terdapat dua jenis foto yang perlu dikumpulkan, yaitu foto resmi dan tidak resmi. Untuk foto resmi, BKN memperbolehkan peserta mengunggah swafoto dengan gaya resmi. Kemudian, BKN juga mensyaratkan foto bebas. Bima mengatakan syarat itu diajukan karena seringkali foto di KTP dengan versi terbaru berbeda. “Kami berharap fotonya tidak sama dengan foto KTP-nya, supaya bisa membedakan karena yang akan dilihat orangnya. Karena seringkali, dalam tes itu, foto di KTP dengan foto orangnya berbeda,” ujar Bima. “Untuk itu, makanya satu foto lagi yang perlu dibuat, foto selfie, boleh dengan gaya,” lanjut dia. Selanjutnya, syarat yang dibutuhkan adalah ijazah dan transkrip nilai. “Transkrip itu untuk bisa agar panitia seleksi administrasi memastikan bahwa jurusan anda sama dengan formasi yang Anda tuju,” kata Bima.

Bima mengatakan, pihaknya memang sengaja memberikan syarat minimal dalam proses seleksi administrasi tersebut untuk memudahkan peserta. Nantinya, syarat lain, misalnya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dapat diberikan pada tahapan berikutnya. Sebagaimana proses rekrutmen sebelumnya, pendaftaran CPNS diketahui dilakukan melalui website SSCASN BKN, sscasn.bkn.go.id. Pembukaan rekrutmen CPNS akan dimulai pada tanggal 11-24 November 2019. (red)

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas