Connect with us

Advertorial

Kolaborasi SKK Migas Tebar Harapan dan Kebahagian, Mengubah Wajah Natuna

Diterbitkan

Pada

Wakil Bupati Natuna, Kepala SKK Migas Sumbagut dan 58 wartawan Natuna ynag mengikuti pelatihan jurnalistik 2019.

GDN Online. Natuna-  Semua orang berpikir untuk mengubah dunia, tetapi tidak ada yang berpikir untuk mengubah dirinya sendiri. Kata bijak Leo Tolstoy seorang filsuf terkenal asal Rusia ini nampaknya dipahami dan diterapkan dengan benar oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumbagut yang berkolaborasi dengan Kontaktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Natuna yakni Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna bersama Pemerintah Kabupaten Natuna.

Implementasi kolaborasi SKK Migas Sumbagut ini sangat terasa disetiap kegiatan karya nyata di Kabupaten Natuna,

Selasa, (22/10) misalnya, berkat kolaborasi SKK Migas Sumbagut tak kurang dari 58 wartawan di Natuna sangat menikmati pemaparan narasumber Ketua Kompetensi  PWI Pusat, Kamsul Hasan yang lebih dari 7 jam memberikan pencerahan terkait Kode Etik, UU dan seluk-beluk resiko hukum dan trik menulis yang baik dan benar.

“ Saya sangat menikmati session pelatihan hari ini, ada banyak ilmu yang baru saya pahami terkait tugas dan resiko menjadi wartawan, pelatihan ini sangat mencerahkan, tentu ini menjadi pemacu semangat saya untuk terus belajar dan menjadi lebih baik dalam menyajikan berita yang bermanfat dan bertangungjawab bagi pembaca,” Jelas Herman salah sau wartawan media online di Natuna.

Seperti halnya Herman pendapat yang sama juga disampikan Erwin Kalid yang juga wartawan media online di Natuna.

Wartawan Natuna sangat menikmati pencerahan dan paparan yang disampaikan narasumber Ketua Kompetensi PWI Pusat, Kamsul Hasan.

“ Hari ini berlalu begitu cepat, tak terasa seharian mengikuti pelatihan ini, rasanya masih banyak yang kami mau tanya, nara sumber yang dihadirkan sangat kompeten dan memahami seluk beluk hukum dunia pers, hingga menjadi modal kami untuk menjadi lebih baik, terimakasih SKK Migas Sumbagut dan KKKS serta Humas Pemkab Natuna yang telah dengan baik menyelengarakan acara pelatihan ini, harapan kami kegiatan ini bisa diadakan simultan tahun depan, agar kami jurnalis di Natuna yang notabene daerah perbatasan ini terus bisa mengupgrade perkembangan dunia jurnalistik,” Terang Erwin Khalid menjawab Gardanusantara.

Dalam sambutanya Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Avicenia Darwis  mengatakan

“Pelatihan jurnalistik dan media gathering kabupaten Natuna yang diadakan pada hari ini, terselenggara atas kerjasama SKK Migas dan K3S Natuna, dalam program CSR tahun 2019, mudah-mudahan ini menjadi suatu proses baik dan bersinergi secara berkesinambungan bagi pihak terkait dalam industri migas di Natuna, terimakasih Pemkab Natuna yang telah memfasilitasi acara ini.” Ungkap Avicenia Darwis.

Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna adalah pemberi dana CSR diwilayah Natuna untuk kegiatan sosial bagi masyarakat, termasuk pelatihan jurnalis dan pengembangan ekonomi masyarakat. Ini merupakan bentuk multi player effek dari perusahan migas yang beroperasi di Natuna.

Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut Avicenia Darwis. Ketua DPRD Natuna Andes Putra, Kepala Departemen Humas Perwakilan Sumbagut, Kepala Dinas dan Badan Pemkab Natuna dan perwakilan KKKS, VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi, Senior Manager Government Affair Premier Oil Indonesia Buyung Heru Satria, dan Manager Procurement & Government Relations Star Energy Yudi Pringadi.

“Kita berharap kehadiran perusahaan migas di Natuna mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat”, sambung Avicenia Darwis.

Sementara Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti saat membuka resmi kegiatan ini berharap kegiatan pelatihan jurnalis berjalan lancar hingga bisa menciptakan hubungan silaturahmi yang baik dan bermanfaat bagi semua pihak.

“ Saya berharap pelatihan jurnalistik ini dapat meningkatkan kemampuan para pewarta yang bertugas di Natuna dalam menulis dan membuat berita sesuai rambu-rambu jurnalistik. Kelancaran akses informasi di Natuna sudah bagus, dari 15 kecamatan semua sudah 4G, listrik sudah 24 jam, jadi informasi apapun sudah bisa diakses oleh masyarakat disetiap kecamatan di Natuna dengan cepat, untuk itu  peran dan fungsi jurnalis yang dipercaya oleh masyarakat harus lebih ditingkatkan, peran media sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah, dalam rangka meyebarluaskan informasi seputar pembangunan kepada masyarakat.”tutur Ngesti.

Ngesti juga berpesan agar media menghadirkan, hal-hal positif dan jauh dari ujaran kebencian.

“Junjunglah kode etik jurnalis, hadirkan berita berimbang dan bijak, sehingga karyanya mencerdaskan masyarakat, bukan sebaliknya, mari bersama menangkal paham radikal dan teroris serta jauhi berita hoax , pertimbangkan segala aspek, apa dampaknya terhadap masyarakat, buatlah berita yang bijak agar masyarakat bisa cerdas.” pesan Ngesti.

Selain itu, Ngesti juga berharap kehadiran media, dapat menjadi kontrol sosial bagi pemerintah dan mencerdaskan kehidupan masyarakat.

“Ini merupakan dukungan sangat luar biasa dari SKK Migas terhadap wartawan Natuna, terimakasih atas suportnya semoga kegiatan pelatihan jurnalis dan media gathering kali ini bermanfaat bagi kita semua,”  Terang Ngesti seraya membuka secara resmi acara ini.

Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh tiga KKKS untuk meningkatkan kompetensi serta pemahaman para jurnalis tentang Hukum, Etika, dan Kode Etik Jurnalistik.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diikuti oleh 58 wartawan Natuna juga diisi oleh narasumber Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat Kamsul Hasan.

Tampak hadir saat pembukaan pelatihan Wakil Bupati Natuna Ibu Ngesti Yuni Suprapti, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut Avicenia Darwis. Ketua DPRD Natuna Andes Putra, Kepala Departemen Humas Perwakilan Sumbagut, Kepala Dinas dan Badan Pemkab Natuna dan perwakilan KKKS, VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi, Senior Manager Government Affair Premier Oil Indonesia Buyung Heru Satria, dan Manager Procurement & Government Relations Star Energy Yudi Pringadi.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, kemitraan antara jurnalis dan Perusahaan semakin erat, serta dapat memberikan nilai lebih kepada rekan-rekan jurnalis”, ujar Drajat Panjawi.

ke 10 wartawan Natuna yang terpilih tulisan terbaiknya

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Natuna dan media massa di Natuna yang selalu mendukung dan memberikan pemberitaan positif mengenai kegiatan KKKS di daerah.

“Kami juga mengucapkan apresiasi kepada KKKS Wilayah Kepri yang telah berkolaborasi dan bersama-sama melaksanakan program CSR dan Edukasi,” ungkap Kepala Perwakilan Sumbagut.

Hasil kolaborasi SKK Migas Sumbagut di Natuna bukan hanya dinikmati oleh wartawan yang mengikuti pelatihan jurnalistik tahun 2019 ini, mulai beberapa tahun sebelumnya beruturut –turut  hingga tahun 2019,  sudah banyak  kerja nyata SKKK Migas dan KKKS Natuna berkontribusi mengubah wajah Natuna dan meningkatkan indek  harapan dan kebahagiaan warga Natuna.

Bahagianya Wabup Natuna Ngesti YS saat meresmikan fasiltas bermain Anak-anak Natuna di Pantai Kencana yang dibangun SKK Migas Sumbagut dan KKKS Migas Natuna

Pada akhir tahun 2018, kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna  membangun fasilitas  bermain untuk anak-anak Natuna di Pantai Kencana, Fasum ini diresmikan Wakil Bupati Natuna Ngestii Yuni Suprapti  di awal tahun 20019. Sudut Pantai indah yang biasa kumuh dan gelap digunakan anak-anak ABG keluyuran hingga malam, kini berubah, tertata rapi dan terang dengan fasilitas bermain anak yang lengkap.

Kepala Deputi Bisnis Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Atokhurrahman menjelaskan bahwa pembangunan taman bermain dan fasilitas olahraga ini bersumber dari aspirasi dan ide dari generasi muda yang memiliki kepedulian terhadap nasib generasi muda daerah.

Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti bersama Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M Atok Urrahman saat resmikan fasilitas olahraga di Taman Bermain Pantai Kencana,

” Fasum ini  diharapkan bisa menjadi wadah aktivitas anak maupun generasi muda dengan segala kegiatan positif dimana lokasinya juga strategis ditengah wilayah yang padat aktivitas masyarakat, sehingga pengawasan dari semua pihak juga dapat berjalan lebih baik. ” jelas Atokhurrahman saat meresmikan fasum ini.

Ngesti Yuni Suprapti sangat mengapresiasi kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna yang telah menyumbangkan program kerjanya berupa fasilitas taman bermain dan olahraga untuk masyarakat Natuna.

” Saya berharap fasilitas ini dapat menjadi media aktivitas diluar ruangan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Natuna, Ranai khususnya. Saya juga berharap bisa terus mendapatkan dukungan program CSR KKKS Migas Natuna  untuk tahun- tahun berikutnya guna mendukung pelaksanaan pembangunan Natuna dibidang lainnya agar memberikan manfaat bagi masyarakat. CSR ini bentuk komitmen dan kerjasama yang harmonis antara pemerintah daerah dan pengusaha yang beroperasi di Natuna.” Jelas Ngesti.

Tak cukup menyediakan fasilitas untuk membahagiakan anak-anak Natuna, Kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan pihak KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna juga direncanakan akan membantu pembangunan Land Mark di Pantai Kencana dalam waktu dekat untuk mendukung perkembangan wisata di Natuna.

Fasum taman bermain anak dan sarana joging track di Pantai Kencana yang menajdi ikon baru Natuna

Sebuah landmark sebagai indetitas Natuna perlu dibangun dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata pasca ditetapkannya Natuna menjadi kawasan Geoprak Nasional dan sedang proses pengusulan menjadi Geoprak Dunia.

Dalam bahasa Inggris Amerika, menurut Wikipedia land mark ini didefisinikan sebagi markah tanah, atau istilah utama yang digunakan untuk menunjuk tempat-tempat wisata yang dianggap menarik karena fitur fisik yang mencolok atau makna sejarahnya.

“ Saat ini Landmark Natuna sudah disepakati sesuai usulan daerah sampai ke tingkat Kementerian Luar Negeri. Selain itu untuk mendukung realisasi tersebut Pemerintah Daerah juga sudah mengusulkan kepada pihak konsorsium perusahaan migas yang tergabung dalam KKKS Migas Natuna melalui berbagai program CSR dapat mendukung realisasi usulan Natuna membangun land mark untuk meraih status Global Geopark Network.” Jelas Ngesti YS kepada Gardanusantara,Kamis  (12/9) lalu.

Wabup Natuna Ngesti YS saat bertemu dengan KKS Sumbagut terkait usulan pembangunan Landmark Natuna

Menurut Ngesti Yuni Suprapti, pihak Konsorsium Migas sudah sepakat dan berkomitmen untuk menggulirkan dana/program CSR terutama beberapa program pekerjaan yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Natuna.

Dikesempatan lain kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna juga memberikan bantuan fasilitas pendidikan dan beasiswa untuk anak-anak Natuna.

Pembahasan usulan bantuan CSR SKK Migas Untuk Sekolah di Natuna

” Saat ini beberapa sekolah di Natuna yang mengusulkan bantuan, diantaranya dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Ranai yang mengajukan pembangunan WC dan untuk SDN 007 Ranai Darat mengajukan pembangunan Musolla untuk melengkapi fasiltas sebagai sekolah dasar unggulan di Kabupaten Natuna.” Jelas Faisal Firman Kabag Migas sekretariat Kabupaten Natuna kepada Gardanusantara, Kamis, (12/09) lalu  .

Selain konsen membagi harapan dan kebahagiaan untuk anak Natuna, SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&Ppada periode tahun 2016 juga membagikan mobil perpustakaan keliling untuk Kabupaten Natuna

Pemkab Natuna menerima hibah mobil perpustakaan keliling bantuan dari SKK Migas Sumbagut yang saat itu berkolaborasi dengan empat konsorsium , Lundin , Conoco Philip ,Star Energi dan Premier Oil

Mobil perpustakaan keliling  itu merupakan bantuan dari SKK Migas Sumbagut yang saat itu berkolaborasi dengan empat konsersium , Lundin , Conoco Philip ,Star Energi dan Premier Oil merupakan bentuk kepedulian mereka yang selama ini beroperasi dalam bidang perminyakan di Wilayah Kabupaten Natuna.

“Bantuan kali ini merupakan yang kesekian kalinya dan sebagai Pemerintah Daerah sangat berterimakasih kepada SKK Migas atas dukungan para konsorsium perusahan migas yang beroperasi di wilayah Kabupaten Natuna dan kedepan hendaknya mereka lebih peduli lagi terhadap daerah kita,” Terang Ilham kauli Kadistamben Natuna  saat itu.

Kepala SKK Migas wilayah Subangut saat itu Rudi Fajar mengatakan bahwa bantuan yang di berikan atas permohonan proposal yang di ajukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Kepala Perpustakaan Kabupaten Natuna H.Hasbullah tahun 2015 tentang perlunya sarana mobil perpustakaan keliling utnuk menambah minat baca dari pada masyarakat khususnya yang ada di ibukota Natuna kota Ranai kata Rudi .

Sekda Natuna Wan Siswandi berbahagia bersama nelayan Pulaulautsaat menerima bantuan CSR SKK Migas Sumbagut dan KKKS wilayah kerja Natuna

Kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna bukan hanya menebar harapan dan kebahagiaan di kota Ranai Natuna, kerja nyata ini juga menjangkau hingga wilayah pulau terdepan NKRI di Natuna, yakni wilayah terjauh di ujung utara Kecamatan Pulau Laut.

Program CSR Kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna menyasar Kecamatan Pulau Laut, Natuna. Kali ini program tersebut berbentuk pembangunan pelantar rakyat di desa Tanjung Pala, Pulau Laut dan alat komunikasi radio HT bagi nelayan, sebagai pendukung aktivitas nelayan setempat.

Program Tanggung Jawab Sosial (TJS) atau dikenal dengan CSR dari SKK Migas dan KKKS tahun 2017 mampu membuka keterisolasian Pulau Laut. Sejauh ini program kerja pelaksanaan pembangunan daerah berasal dari Pemerintah Pusat, Provinsi Kepri, dan Tanggungjawab Sosial (TJS) perusahaan pengelola potensi daerah berjalan lancar. “ Jelas Sekda Natuna Wan Siswandi yang mewakili Bupati Natuna dalam penyerahan bantuan CSR di Pulau Laut, Minggu (13/5/2017) lalu.

Penyerahan bantuan CSR SKK Migas Sumbagut di kecamatan Pulau Laut Kabupaten Natuna

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri menjelaskan, bahwa program TJS (CSR) yang di serahterimakan kepada masyarakat Pulau Laut merupakan hasil pengajuan dari masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten Natuna sebagai bentuk partisipasi dan tanggungjawab sosial dalam proses pembangunan daerah.

“Bantuan kali ini berupa alat komunikasi radio HT bagi nelayan, sebagai pendukung aktivitas nelayan tempatan selain itu  juga ada program lanjutan pembangunan pelantar rakyat Desa Tanjung Pala, dengan ukuran 100 x 3,2 Meter. Pelantar ini sebelumnya sudah dibangun dengan ukuran sama pada tahun sebelumnya, tetapiakan direvitalisasi menngunakan dana CSR Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri menjelaskan, bahwa Program TJS diserahterimakan kepada masyarakat merupakan hasil pengajuan dari masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten Natuna sebagai bentuk partisipasi dan tanggungjawab sosial dalam proses pembangunan daerah.

Adapun bantuan kali ini berupa alat komunikasi radio HT bagi nelayan, sebagai pendukung aktivitas nelayan tempatan. ”Kemudian program lanjutan pembangunan Pelantar Rakyat Desa Tanjung Pala, dengan ukuran 100 x 3,2 Meter. Pelantar ini sebelumnya sudah dibangun dengan ukuran sama pada tahun sebelumnya, tetapi akan direviratalisasidengan dana program CSR Kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna. ” Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri.

Memang benar kata bijak Leo Tolstoy seorang filsuf terkenal asal Rusia, “Semua orang berpikir untuk mengubah dunia, tetapi tidak ada yang berpikir untuk mengubah dirinya sendiri.”

Memang tak mudah mengubah dunia, tetapi Kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna  yang berupaya menebar Harapan dan Kebahagian perku dilanjutkan hingga mampu mengubah Wajah Natuna, tak boleh berhenti sampai disini.

Di masa mendatang masih perlu kerja keras, kerja cerdas dan kolaborasi  SKK Migas Sumbagut dan KKKS Natuna Star Energy, Premier Oil dan Medco E&P Natuna untuk mewujudkan cita-cita adil makmur di seluruh pelosok Natuna, dan wilayah NKRI lainnya. (*)

( A.E. Hermawan )

 

 

 

 

 

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas