Connect with us

Nasional

5 Pasien di Kepri Dinyatakan Sembuh, Angka Nasional Sudah 446 Orang Sembuh Dari Covid19

Diterbitkan

Pada

GDN Online, Tanjungpinang– Kabar gembira pagi ini disampaikan Ketua TIm Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Provinsi Kepri H Isdianto, ynag mengungkapkan rasa syukurnya setelah mendengar jumlah pasein positif yang sembuh di Kepri terus bertambah. Pagi ini, Kamis (16/04), ada tambahan tiga pasien lagi yang sembuh. Kini sudah lima pasien di Kepri yang sembuh dari Covid19.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Provinsi Kepri H Isdianto

“Alhamdulillah, usai sholat subuh saya mendapat kabar menggembirakan tentang kesembuhan pasien positif Cocid19. Ketiganya dari RS Ahmad Thabib Provinsi Kepri. Saya yakin banyak lagi yang akan sembuh. Mari kita doakan bersama,” kata Isdianto di Kediamaannya, Wisma Daerah Tanjungpinang, Kamis (16/4) pagi.

Dua pasien yang sembuh adalah Tn AF, Tn MS dan Tn MK. Mereka merupakan pasien nomor 7, 16 dan 18 di Kepri. Kesembuhan itu dipastikan setelah hasil swab test kedua keluar dan dinyatakan negatif.

Isdianto yakin jumlah yang sembuh akan terus meningkat berkat kerja keras semua pihak dan doa masyarakat. Terlebih peran tim medis baik yang di rukah sakit maupun yanh aktif melakukan tracking di lapangan.

“Atas nama pemerintah dan gugus tugas, saya menyampaikan appresiasi dan terimakasih kepada seluruh tim medis baik di rumah sakit maupun yang melakukan tracing dilapangan atas kerja keras, dan pasti melelahkan. Semoga tercatat menjadi amalan, dan harapan saya untuk terus bersemangat memberikan pertolongan kepada masyarakat baik yang saat ini sedang dirawat dirumah sakit, yang sedang di karantina maupun yang membutuhkan penangan lainnya,” kata Isdianto.

BTKLPP Batam yang bisa melakukan swab tes ikut mendukung percepatan keluarnya hasil-hasil yang mendukung upaya penyembuhan. Jika sebelumnya dibutuhkan waktu delapan hari untuk tahu hasul swab tes, kita hanya butuh waktu dua hari. Untuk mendukung percepatan itu, Isdianto pun sudah memerintahkan bahan pendukung langsung dibeli.

Sebelumnya, dua pasien yang sembuh adalah pasien 01 di Kepri yang juga dirawat di RSAT dan pasien 03 yang dirawat di RSUD Muhammad Sani, Karimun.

Hingga hari ini angka pasien ynag sembuh secara nasional terdata Sembuh
446 Orang sementara yang dinyatakan terkonfirmasi Positif  Covid19 sebanyak  5,136
 

Bagaimana Pasien Covid-19 bisa sembuh ? Berikut penjelasan Ketua IDI

 

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih mengatakan, penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona dapat sembuh dalam dua pekan. Hal itu dimungkinkan sepanjang pengidap penyakit tersebut dapat menjaga imunitas tubuhnya dengan baik. “Karena virus itu dalam jangka waktu tertentu dia akan mati. Dua minggu,” kata Daeng  dikutip dari Kompas.com,
“Makanya, dia disuruh dua minggu (self isolation). Karena semua virus itu self limiting disease. Dua minggu clear dia,” ujar dia.
Menurut Daeng, salah satu penyebab banyaknya kasus orang meninggal dunia akibat virus tersebut lantaran imunitas pengidap penyakit tersebut rendah.
Sementara, bagi mereka yang sejak awal sehat dan memiliki imunitas yang bagus, virus itu akan hilang dalam jangka waktu tertentu.
“Kalau yang sehat, imunitas bagus, bergejala ringan, yang penting dia diawasi supaya tidak menularkan dan menjaga imunitasnya,” ujarnya.
Lantas bagaimana cara meningkatkan imunitas?
Istirahat yang cukup dinilai menjadi kunci utama kesembuhan pasien Covid-19. Di samping itu, pemberian obat dan vitamin, serta asupan makanan bergizi untuk menjaga imunitasnya.

“Sebenarnya, apa yang dilakukan selama ini itu sudah, cuma yang tidak tertib itu kan masyarakat yang tidak tahu,” ucap Daeng.

Berikut Tips Sembuh dari sakit Covid-19 Versi Pasien

 

PASIEN dinyatakan positif terjangkit virus corona (COVID-19) membagikan tips untuk sembuh dari pandemi global tersebut dengan mendisiplinkan diri minum air putih yang banyak.

“Jadi kita punya kekuatan dari dalam diri kita untuk menyembuhkan, asalkan kita disiplin minum air putih yang banyak,” kata pasien 03 yang dinyatakan sembuh dari  Covid-19 dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Selain disiplin minum air putih, menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang benar serta asupan gizi, sayuran dan vitamin juga perlu dilakukan agar tubuh tetap fit.

“Jaga imun sistem, dan laksanakan personal ‘hygiene’ yang ketat rajin mencuci tangan dan dengarkan saran dari pemerintah,” katanya.

Selain dari makanan bergizi kaya serat dan buah jika diperlukan  Vitamin C bisa mengkosumsi Vitacimin sedangkan Vitamin E bisa mengkosumsi Nature E, minum-minuman rempah Indonesia juga bagus, ada banyak jamu produk Indonesia, kunyit asam, beras kencur, jahe, bandrek dan banyak lagi yang sehari-hari mudah ditemukan.

Jika saat ini pemerintah menyarankan agar masyarakat melakukan pembatasan sosial sementara untuk mencegah penyebaran Covid-19, hendaknya dilakukan sebaik mungkin.

Ia juga mengingatkan bahwa, bagi pasien positif korona yang tidak disertai tanda-tanda gejala apapun terkait pandemi global tersebut lebih berbahaya karena tanpa disadari telah menularkan kepada orang lain.

Oleh karena itu ia mengimbau kewaspadaan masyarakat untuk menjaga diri dan orang lain dari penularan virus tersebut saat beraktivitas. “Kasus saya yang dinyatakan positif tapi tidak memiliki tanda-tanda apapun itu sebenarnya lebih berbahaya karena kita melakukan aktivitas seperti biasa dan bisa menularkan ke orang yang imunnya dan kesehatannya lebih lemah dari kita. Itu akan berefeknya lebih parah,” kata pasien 03. (red)

 

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas