Connect with us

Batam

Hari ini Batam Ada Penambahan Kasus No 18 hingga No 26 Positif

Diterbitkan

Pada

GDN Online, Batam- Juru bicara Satgas penangana Covid-19 Batam  yang juga Walikota Batam H.M Rudi merilis warga Batam ynag hari ini, Kamis (16/04) 2020) terkonfirmasi sebagai pasien COVID-19, No.18  hingga 26  yang langsung mendapat Perawatan di Rumah Sakit Kota Batam

Data per 16 April 2020 provinsi Kepri

“Pada hari ini Kamis, 16 April 2020, kami sampaikan lanjutan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam yang hasil pemeriksaan sample swabnya baru diperoleh dari BTKL PP Batam.
Adapun informasi untuk menjelaskan hasil pemeriksaan swab yang telah dilakukan di Rumah Sakit Kota Batam, dengan kesimpulan terdapat 1 (satu) Orang perempuan Warga Kota Batam Terkonfirmasi Positif. jadi kasus no 18. ”  Jelas HM Rudi sesui rilis ynag diterima Gardanusantara malam ini.

Berikut ini kami sampaikan riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut :

1. Pasien no 18 ini terkonfirmasi adalah warga Kota Batam seorang perempuan berinisial “W” usia 29 Tahun, profesi sebagai Guru salah satu sekolah di kawasan Batam Centre, beralamat di kawasan perumahan Kecamatan Batam Kota.

Berdasarkan anamnesa pasien tidak pernah melakukan perjalanan keluar kota, namun pada tanggal 20-24 Maret 2020 pernah dirawat di salah satu RS Swasta di Kawasan Batam Centre akibat mengalami demam yang disertai dengan batuk berdarah lebih kurang satu minggu sebelumnya.

Yang bersangkutan sempat dirawat dalam satu ruangan dengan terkonfirmasi kasus 04 selama sehari (23 Maret 2020) karena memiliki riwayat keluhan penyakit yang sama. Diagnosa yang ditegakkan oleh dokter saat itu adalah “TB Paru Millier+Hemaptoe”, pada tanggal 24 Maret 2020 pasien diizinkan pulang untuk selanjutnya rawat jalan di Poli Paru rumah sakit tersebut.

Pada tanggal 04 April 2020 dilakukan RDT di salah satu puskesmas dengan hasil “reaktif”, selanjutnya tanggal 07 April 2020 dilakukan pemeriksaan sample swab yang informasinya diterima pada hari ini terkonfirmasi “Positif”, dan ditetapkan sebagai kasus baru No. 18 Kota Batam.

Saat ini kondisi yang bersangkutan baik dan stabil, serta sedang proses persiapan untuk dilakukan perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit rujukan guna penanganan medis lebih lanjut.

Tim kami saat ini sedang melakukan proses contact tracing terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak dengan kasus.

” Pada hari ini Kamis,16April2020 malam ini, kembali kami sampaikan lanjutan rilis kasus terkonfirmasi positifCOVID-19 Kota Batam. Data yang diperoleh ini
merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam pada
beberapa rumah sakit diKota Batam berdasarkan kasus baru dan hasil
tracing dari closes contact cluster sebelumnya, dengan kesimpulan terdapat
8(delapan) Orang Warga KotaBatam yang terdiri 4 (empat) orang laki-laki
dan 4 (orang) perempuan Terkonfirmasi“Positif”.  jelas H.M Rudi

Berikut ini kami sampaikan riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut
sebagai berikut:

1. Terkonfirmasi adalah warga KotaBatam ;

a. Laki-laki berinisial “Tn.ISA” usia 31 Tahun, Anggota Polri, beralamat di
Kawasan Perumahan Batam Centre Kecamatan Batam Kota,
merupakan kasus baru No.19 Kota Batam.

b. Laki-laki berinisial  ”Tn.RHP” usia 33 Tahun, Anggota Polri, beralamat di
Kawasan Perumahan Batam Centre Kecamatan Batam Kota,
merupakan kasus baru No.20 Kota Batam.

c. Laki-laki berinisial “Tn.HS” usia 35 Tahun, Anggota Polri, beralamat di
Kawasan Perumahan Batam Centre Kecamatan Batam Kota,
merupakan kasus baru No.21 Kota Batam.

” Yang bersangkutan semua tersebut diatas merupakan siswa S P dari SETUKPA Lemdiklat Polri yang baru tiba di Batam dan langsung di karantina di RS.Bhayangkara Batam,perlu diketahui pada saat masih di Sukabumi mereka semuanya telah dilakukan RDT dengan hasil “Non
Reaktif ”. Tambah Rudi.

Kemudian pada saatkarantina di RS Bhayangkara Batam kembali
dilakukan RDT tersebutdengan hasil “Reaktif”, berdasarkan hasil RDT
tersebut selanjutnya kepada mereka semua dilakukan pemeriksaan
sample Swab yang hasilnya diperoleh hari ini dengan kesimpulan “Positif”.

Saat ini kondisi yang bersangkutan semuanya dalam keadaan baik dan
stabil, serta sedang proses persiapan untuk dilakukan perawatan diruang
isolasi Rumah Sakit rujukan Galang gunapenanganan medis lebih lanjut.

2.Terkonfirmasi berikutnya adalah seorang perempuan berinisial “LLP”, usia
48 Tahun, ASN, beralamat diKawasan Perumahan Batam Centre
Kecamatan Batam Kota, ini merupakan kasus baru No.22 Kota Batam.

“Perlu diingat kasus ini berkaitan erat dengan kasus “08”, yang merupakan Cluster kantor dimana ASN yang bersangkutan tersebut bertugas.  Saatini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik dan stabil, serta sedang proses persiapan untuk dilakukan perawatan diruang isolasi RSUD Embung Fatimah KotaBatam guna penanganan medis lebih lanjut.” terang HM Rudi.

3. Terkonfirmasi selanjutnya adalah seorang laki-laki berinisial “I” usia 52
Tahun,  ASN  Instansi Vertikal Kesehatan, beralamat di Kawasan
Perumahan Baloi Kecamatan Lubuk Baja, ini merupakan kasus baru No.
23 Kota Batam.

” Yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dinas ke Jakarta pada pertengahan Maret 2020 dan sepulangnya dari Jakarta melakukan aktifitas rutin pekerjaan seperti biasanya diBatam. Kemudian pada tanggal 03 April 2020 melakukan RDT dengan hasil “Reaktif”dan ditetapkan sebagai ODP
dengan isolasi mandiri di rumah dinasnya, pada keesokan harinya kembali dilakukan RDT denganhasil masih “Reaktif” berdasarkan hasil tersebut kemudian dilakukan pengambilan sample swab yang hasilnya di peroleh pada hari ini dengan kesimpulan “Positif”. Saat ini yang bersangkutan masih melakukan isolasi mandiri dirumah dinasnya dalam keadaan sehat dan stabil tanpa mengalami gangguan kesehatan apapun. ” jelas Rudi.

4. Terkonfirmasi berikutnya adalah seorang perempuan berinisial “TS”, usia
52 Tahun, ASN, beralamat di Kawasan Perumahan Bengkong Kecamatan
Bengkong, ini merupakan kasus baru No.24 Kot aBatam.

“Kasus ini pun berkaitan erat dengan kasus 08, yang merupakan Cluster kantor dimana ASN yang bersangkutan tersebut bertugas. Saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik dan stabil, dan telah dilakukan perawatan diruang isolasi RSUD Embung Fatimah Kota Batam gunapenanganan medis lebih lanjut. ” terang Rudi.

5. Terkonfirmasi berikutnya adalah seorang perempuan berinisial “EM”, usia
56  Tahun, ASN, beralamat di Kawasan Perumahan Muka Kuning
Kecamatan Sei Beduk, ini merupakan kasus baru No.25 Kota Batam.

“Kasus inipun berkaitan erat dengan kasus 08, yang merupakan Cluster kantor dimana ASN yang bersangkutan tersebut bertugas. Saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik dan stabil, dan telah dilakukan perawatan diruang isolasi RS BP Batam guna penanganan medis lebih lanjut. ” Tambah Rudi.

6. Terkonfirmasi berikutnya adalah seorang perempuan berinisial “LM” , usia
37 Tahun, TKW Singapore, beralamatdi Kawasan Perumahan Batam Centre Kecamatan Batam Kota, merupakan kasus baru No.26 Kota Batam.

” Yang bersangkutan merupakan TKW di Singapura yang baru kembali ke Batam pada tanggal 20 Januari 2020, dan pada tanggal 10April 2020 merasa demam yang disertai batuk dan sesak nafas kemudian dibawa berobat kesalah satu RS Swasta dibilangan Batam Centre dan dirawat
diruang isolasi rumah sakit tersebut. Selanjutnya dilakukan RDT dengan hasil“Reaktif” dan pada keesokan harinya dilakukan pengambilan swab yang hasilnya telah diperoleh pada saat ini terkonfirmasi “Positif”dan ditetapkan sebagai kasus baru No.26 Kota Batam ” Terang Rudi.

Perlu diketahui sampai saat ini yang bersangkutan masih dalam perawatan diruang isolasi rumah sakit tersebut dengan kondisi stabil.  Tim kami saat ini sedang terus melakukan proses contact tracing
terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak dengan kasus tersebut diatas. (red)
 

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas