Connect with us

Nasional

Personil TNI Polri Berikan Semangat Kepada ABK KM Lambelu Yang Di Karantina

Diterbitkan

Pada

 
 
GDN Online, Makasar –Ratusan personil TNI dan Polri kompak berikan dukungan dan menghibur ABK KM Lambelu yang menjalani karantina dikapal 2 mill dari pelabuhan Makasar pasca terkonfirmasi 26 ABK KM Lambelu positif terpapar Covid-19.
 
Sebelumnya dilaporkan tenaga medis di Makasar memeriksa para anak buah kapal (ABK) KM Lambelu, Hasil pemeriksaan akan dirilis oleh pihak Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Dinkes Sulsel).
 

“Rencana pemeriksaan memang betul hari Senin tapi karena kapalnya ditunda, sehingga pemeriksaan dilakukan hari ini sesuai rencana awal dan dilakukan di atas kapal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah T Azikin kepada wartawan, Selasa (14/4/2020).

KM Lambelu saat berlabuh di Makasar

 
“Tidak ada yang boleh turun ke darat, kapal masuk dalam zona karantina,” tambahnya.
 
Dia mengatakan hasil pemeriksaan terhadap ABK KM Lambelu akan segera dirilis oleh pihak Pemprov Sulsel.
 
“Hasilnya akan dirilis oleh Kadinkes Provinsi. Semua ABK yang positif dan yang lainnya saat ini sudah dilakukan isolasi mandiri di kapal selama 14 hari,” ujarnya.
 
Sebelumnya, sudah ada 42 ABK yang sudah menjalani tes swab dan hasilnya ada 26 anak buah buah kapal (ABK) KM Lambelu dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Untuk antisipasi penyebaran virus ini, para ABK yang terpapar menjalani isolasi mandiri di atas kapal. Diketahui, KM Lambelu memiliki 141 ABK.
 
“Saat ini seluruh petugas kapal menjalani isolasi secara mandiri di atas kapal dengan jarak 2 mil dari darat dengan pengawasan yang ketat dari manajemen dan otoritas pelabuhan serta Kantor Kesehatan Pelabuhan di Makassar,” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro.
 
“Mengingat para petugas kapal bertugas untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat maka mereka selalu bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Ada kemungkinan para petugas terjangkit dari pembawa virus (carrier) karena petugas selalu berada di atas kapal, ” tambah Yahya.
 
Saat ini, pihaknya juga terus melakukan peningkatan pengawasan terhadap kesehatan seluruh petugas kapal. Yahya menjelaskan bahwa Manajemen juga akan memberikan batasan ruang gerak bagi para penumpang yang naik ke atas kapal milik Pelni.
 
“Demi keamanan dan kenyamanan bersama serta guna meminimalisir interaksi antara petugas dengan penumpang, maka Manajemen akan menerapkan kebijakan bagi penumpang untuk diberikan akses pada dek tertentu saja,” tambahnya. (red)

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas