Connect with us

Advertorial

Satgas Penanganan Covid-19 Kab. Natuna : Kabar PDP Positif Yang Berkeliaran di Natuna HOAX !

Diterbitkan

Pada

GDN Online, Natuna- Satgas Penanganan covid-19 Kabupaten Natuna merilis berita menyikapi kabar hoax / disinformasi adanya pasien positif Corona (covid-19) yang berkeliaran bebas, baik dimedia social facebook maupun group whattsap, oleh oknum yang tidak bertangungjawab.

Jubir satgas Penanganan Covid-19 Kab Natuna Hikmat

” Kami pastikan kabar itu hoax, hingga hari ini Minggu (19/04) Belum ada satupun ODP, PDP maupun OTG di wilayah kabupaten Natuna yang bersatus positif, yang reaktif saja belum ada,”  Jelas Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Diskes Natuna selaku jubir gugus tugas Covid 19 kab Natuna Hikmat.

Maka Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna menghimbau :

1. Mari bersama-sama selalu croscek dan tidak menyebar berita yang belum pasti kebenarannya yang bukan dari narasumber kompeten atau berwenang dalam hal ini Satgas penanganan Covid-19 .

2. Mari kita ciptakan suasana kondusif dan selalu berpikir positif dalam menghadapi bencana Covid-19.

3. Perlu diingat bahwa akan ada sanksi hukum bagi siapapun yang menyebarkan berita hoax dan meresahkan masyarakat terkait covid-19 sesuai Surat Edaran Kapolri dan Mendagri.

” Terkait langkah penanganan Satgas Covid-19 kabupaten Natuna, kami menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, selalu berpikir positif dan patuh dengan semua himbauan pemerintah.
Kami Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna telah memutuskan mengambil langkah penanganan terhadap 241 penumpang KM Bukit Raya yang tiba di pelabuhan Selat Lampa pada tanggal 12 April 2019, ” Tambah Hikmat.

Hikmat menjelaskan langkah yang diambil Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna sebagai berikut :

1. Mendata seluruh penumpang yang turun di Selat Lampa.

2. Menetapkan status seluruh penumpang KM Bukit Raya 241 orang tersebut berstatus OTG dan menjalani karantina terpadu yang kita siapkan di tiap-tiap kecamatan sesuai domisili yang bersangkutan.

3. Karantina ini akan dipantau ketat oleh tim kesehatan satgas penaganan Covid-19 Kabupaten Natuna sesuai protocol kesehatan.

4. Masyarakat Natuna dihimbau untuk tetap tenang dan mari kita berikan dukungan moril, kita doakan agar masyaralat Natuna yang saat ini kita tetapkan berstatus OTG bisa menjalani karantina dengan baik dan selalu diberi kesehatan dilindungi ALLAH SWT.

5. Hingga Hari, Minggu (19/04) ini, sesuai protocol kesehatan yang diterapkan Satgas Penanganan Covid 19 di Natuna, belum ada satupun yang masuk kategori pasien dalam pemantauan (PDP) yang positif corona atu reaktif RDT.

6. Ada 1 OTG yang hasil RDTnya nonreaktif dan Satgas penanganan Covid-19 tetap mengirimkan swab ke Batam untuk proses memastikan, terhadap yang bersangkutan Tim Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna telah melakukan tindakan karantina ketat dalam pengawasan.

7. Kita telah laksanakan RDT terhadap 50 orang Orang Tanpa Gejala dan semuanya hasilnya Non Reaktif (negative).

Data Natuna per 18 April 2020

8. Jadi tidak benar kabar atau status di medsos yang menyatakan ada 1 orang yang positif Covid- 19 berkeliaran, maka dipastikan kabar ini Hoax.

Sebelumnya Minggu (19/04) pagi,  warga Natuna sempat heboh pasca salah satu warga mengupload screnchot percakapan warga di aplikasi whattsap yang menyatakan ada  pasien positif ynag berkeliaran bahkan sempat belanja tanpa pengawalan disalah satu minimart kebutuhan pokok di Ranai, Natuna, sontak status facebook ini mendapat tanggapan beragam pro dan kontra dari warga nitizen yang berdomisili di Natuna.

Terkait kronologi sebenarnya Hikmat juga menjelaskan bahwa memang ada sebelumnya salah satu penumpang KM Bukit Raya yang turun pada Tanggal 12 April mengaku pernah melakukan kontak dengan Walikota Tanjungpinang.

” Ada warga Natuna Laki-laki  B (48thn) Warga kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna, mengaku kepada Satgas Kesehatan bahwa dirinya pada tanggal 6 April 2020, seorang diri melakukan kunjungan keluar daerah dan bertemu dengan Walikota Tanjungpinang. Pada saat ( B ) bertemu Walikota Tanjungpinang, Beliau masih belum berstatus PDP positif Covid 19.  (B) jujur memberi tahu bahwa dirinya melakukan kontak dengan walikota  selama 30 menit saat berada di Tanjung Pinang.” Jelas Hi8kmat.

Maka terhadap (B) langsung diperiksa kesehatannya, B tidak mengalami gejala demam, batuk ataupun Flu. dan dilakukan rapit test ynag hasilnya Non reaktif.

“Meskipun  hasil rapit test  B (48thn ) Non reaktif terhadap B tetap ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG)  karena riwayat kontak dan perjalannya, Bukan saja (B) sebagai kepala keluarga, karena awalnya B sempat melakukan karantina mandiri, pasca ditetapkannya Walikota Tanjungpinang Positif terpapar Covid-19 maka  (B) dan keluarganya,  istri dan ketiga anaknya juga diperiksa kesehatannya oleh Tim kesehatan Satgas penangana Covid-19 Kabupaten Natuna, tim Satgas memutuskan terhadap Keluarga ini sebagai OTG ynag harus menjalani karantina ketat, dan untuk emmudahkan pemantauan lebih lanjut B beserta keluarganya di karantina di mess Bunguran Utara,” jelas Hikmat.

Hikmat juga menjelaskan bahwa Status B dan keluarga adalah OTG dan setelah B beserta keluarganya diuji Rapid Test (RDT) pertama hasil non Reaktif , uji RDT ini telah dilaksanakan pada tanggal 15 April lalu.

Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Natuna Hikmat juga menjelaskan bahwa untuk memastikan  B sekeluarga kesehatan tidak terpapar Covid 19,  maka terhadap B dan keluarga yang  berstatus OTG juga dilakukan uji swab untuk pemeriksaan PCR.

” Kepada keluarga B Tim Satgas juga telah mengambil sampel swab dan telah dikirim sampel ke BTKL Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) di Batam yang memiliki alat PCR,” Jelas Hikmat.

Jadi tidak benar kabar bahwa di Natuna sudah ada Pasien PDP yang positif terpapar Covid-19 dan dibiarkan berkeliaran dan belanja,

” Kita saja belum tau apa hasil swab, masih menunggu beberapa hari, tetapi kita pastikan hingga hari ini belum ada satupun warga Natuna yang berstatus PDP Positif, kita sama-sama berdoa semoga Natuna tetap bisa mempertahankan status NOL PDP Positif, dan sama-sama menjaga agar Natuna kondosif. ”  tegas Hikmat. (red)

Top News


Penerbit dan Pengelola : PT Garda Nusantara Intermedia | Akta No. 09 tanggal 21 Desember 2017 Notaris: Raden Dian Nugroho Kusuma, SH, M.Kn
Pengesahan Kemenkum HAM :No AHU 0058430. AH. 01.01 Tahun 2017
Alamat Redaksi/Usaha: Komplek Citra Batam Blok C. No.18 Kel Teluk Tering – Batam Kota, Kepulauan Riau
Perwakilan Natuna – Jl. Datok Kayo Wan Mohamad Rasyid No 2 Ranai, Kabupaten Natuna Propinsi Kepri Telpon 0773-31630 Kodepos 29711
copyright © 2006 - 2017 . Keseluruhan Hak Cipta dilindungi Undang-undang | http://gardanunsantaraonline.com

Lewat ke baris perkakas